Tornado

Rabu, 19 Maret 2014

Tembakau tak selalu jelek

Mungkin kalau kalian mendengar kata tembakau pasti yang terlintas dipikiran kalian adalah bahan untuk membuat rokok,dan banyak bahaya yang terkandung didalamnya.Namun ternyata tanaman tembakau dapat dimanfaat untuk membuat vaksin kanker bagi penderita kanker,limfoma kronis,yaitu sejanis kanker yang melibatkan sel-sel kekbalan tubuh.
Obat dari tembakau ini akan menyusun reaksi kekebalan tubuh untuk memerangi sel-sel tumor.hal ini berdasarkan penelitian yang diterbitkan olehnurnal Proceedings of the National Academy of Sciences.Vaksin ini tentunya dibuat dengan menggunakan pendekatan baru yang menggubah secara genetika tanaman tembakau yang direkayasa menjadi pabrik vaksin tertentu.
Dr.Ron Levy dari Stanford University School of Medicine California mengatakan bahwa ini untuk pertama kali sejenis tanaman digunakan untuk menghasilkan protein guna disuntikan kepada manusia dan akan menjadi cara mengobati kanker tanpa efek samping.
Para peneliti melukai daun tembakau dengan virus yang dibalut gen untuk menulari tanaman tersebut,yang selanjutnya akan menghasilkan protein antibodi yang jua terlihat dalam tumor pasien. Beberapa hari kemudian,daun itu dipetik dan ditumbuk jadi bubuk hijau.Dari daun tersebut antibodi diambil dan dimurnikan.Bahan itu kemudian disuntikan ke tubuh pasien.
vaksin yang berasala dari tanaman memiliki sejumlah keunggulan.Vaksin tersebut dapat dikembangkan jauh lebih cepat,lebih murah,dan tidak beresiko infeksi seandainya sel-sel hewan tercemar seta menimbulkan reaksi kekbalan tubuh lebih kuat jika dibanding dengan dikembangkan pada sel-sel hewan.
Hasil studi telah diuji oleh Tim Levy kepada 16 pasien yang baru di diagnosa menderita lymphoma follicular B-cell ,sejenis peyakit kronis yang tidak dapat diobati.Dari studi itu terlihat tidak pasien pun mengalami dampak mencolok atau lebih dari 70% pasien mengembangkan reaksi kekebalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar