Tornado

Rabu, 19 Maret 2014

Flu Singapura ( HFMD)

Flu Singapura atau Hand Foot Mouth Disease ( HFMD ) atau di Indonesia lebih dikenal dengan penyakit kaki,tangan,dan mulut(PTKM).Penyakit ini populer ketika terjadi wabah penyakit di Malayasia,Tainwan,dan Singapuran yang telah memakan banyak jiwa. Meski bernama sama dengan penyakit kuku-mulut yang terdapat pada hewan ternak,namun penyakit ini tidak ditularkan oleh hewan ternak.Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Coxsackie virus,suatu virus dari golongan Enterovirus. 
HFMD merupakan penyakit yang menular melalui pencernaan dan saluran pernapasan. Penularan kontak tidak langsung melalui barang,handuk,baju,peralatan,dan mainan yang terkontaminasi oleh sekresi itu.Tidak ada vektor tetapi pembawa (carrier),seperti lalat dan kecoa.Penderitaan terbanyak adalah anak-anak dibawah usia 10 tahun.Hal ini karena daya tahan tubuh merkea masih lemah.
penyakit ini biasanya dimulai dengan luka kecil di daerah tenggorokan dan tonsil (amandel). Sementara didaerah tangan,jari,telapak kaki,dan daerah popok timbul kemerahan disertai vesikel (lentingan kecil yang berisi air didalamnya,seperti melepuh) .Penderita hanya meras sakit yang ringan dan kemerahan yang akan sembuh dalam 5-7 hari. Gejala penyakit ini adalah :
  • Demam selam 2-3 hari,diikuti sakit leher (faringtis)
  • Tidak nafsu makan
  • Pilek dan gejala flu lainnya
  • Timbul vesikel yang kemudian pecah,ada 3-10 ulkus dimulut seperti sariawan (dilidah,gusi,pipi sebelah dalam ), terasa nyeri sehingga sukar untuk menelan.Bersamaan dengan itu timbul rash (ruam) atau vesikel,papulovesikel yang tidak gatal ditelapak tangan dan kaki. Kadang-kadang ruam (makulopapel) ada di bokong.penyakit ini umumnya akan membaik sendiri dalam 7-10 hari,dan tidak perlu dirawat di rumah sakit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar